Jenis Katun dan Karakteristiknya

Jenis Katun dan Karakteristiknya

Mypoly.Net – Dalam dunia konveksi ada banyak segali jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan kaos ataupun seragam. Salah satu yang paling populer adalah katun. Perlu anda ketahui, ada banyak sekali jenis katun yang digunakan untuk pembuatan kaos.

Apa saja sih jenis-jenis katun? Dan bagaimana karakteristiknya? Berikut ini akan kita bahas satu persatu.

Konveksi Surabaya Bergaransi. Call/Whatsapp 0853-3172-1727

Jenis Katun dan Karakteristiknya

Katun Cina

Sekilah bahan katun cina mirip dengan katun Jepang. namun dari segi kualitas, katun cina berada dibawah katun jepang.

katun Cina memiliki karakteristik serabut yang tidak terlalu tebal. Biasanya katun cina digunakan untuk pembuatan sprei atau sarung bantal.

Kelemahannya, saat diaplikasikan pada kaos atau kemeja, atau blus, katun Cina tidak akan bertahan lama, apalagi dilakukan pencucian berulang-ulang.

Katun Jepang

Katun jepang memiliki ciri warna yang tidak terlalu mengkilap. Selain itu tekstur kain katun jepang cukup lembut, inilah yang menjadi alasan utama kenapa banyak kaos yang menggunakan katun jepang.

Konveksi Surabaya

Selain itu daya serap katun jepang juga cukup baik, sehingga nyaman dipakai aktivitas sehari hari.

Katun Bangkok

Tekstur kain katun bangkok sedikit lebih kasar jika dibandingan jenis katun lainnya. Biasanya katun bangkok digunakan untuk bahan mukena, kemeja, atau kaos.

Sayangnya, beberapa warna pada kain ini memiliki ketebalan yang rendah, sehingga terlihat tipis dan perlu delapis atau puring.

Katun Minyak

Katun minyak memiliki tekstur serat yang tipis, sehingga serat kain akan mudah menipis saat dicuci beberapa kali. Katun Minyak memilik ciri khas warna yang mengkilat.

Konveksi Surabaya Bergaransi. Call/Whatsapp 0853-3172-1727

Katun Paris

Katun paris terdiri dari dua macam, yaitu katun paris polos dan katun paris motif. Kain katun paris motif memiliki harga yang relatif lebih mahal, daya serap keringat yang lebih baik, dan serat kain lebih tebal dari kain katun paris polos. Pada dunia konveksi, kain katun paris banyak digunakan untuk pembuatan syal, pashmina, hijab, dan blus.

Katun Rayon

Sekilas katun rayon memiliki karakteristik yang mirip dengan sutra, karena tekstur kain yang licin dan dingin. Biasanya katun rayon digunakan untuk pembuatan pakaian dalam wanita atau inner blus.

Saat dipakai akan terasa nyaman karena memiliki daya serap keringat yang cukup baik, selain itu katun rayon juga tidak mudah kusut.

Katun Silk Sutra

Jenis katun yang satu ini sering disebut kain semi sutra karena bahannya lembut, ringan, licin, dan dingin, persis seperti karakteristik kain sutra. Katun Silk Sutra terbuat dari kombinasi bahan katun dan sutra. Biasanya kain ini diaplikasikan untuk gaun pesta atau bahkan seragam kerja.

Konveksi Surabaya Bergaransi. Call/Whatsapp 0853-3172-1727

Katun Toyobo

Katun Toyobo memiliki serat kain yang halus dan tidak kaku. Saat dipakai pun kain ini akan mengikuti lekuk tubuh. Selain itu kain aktun ini memiliki daya serap keringat yang bagus. Biasanya diaplikasikan pada jilbab, pashmida, dan gamis.

Itulah beberapa jenis katun dan karakteristiknya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar